Selasa, 17 Mei 2016

Memanfaatkan Kain Bekas (Perca) Untuk Memiliki Nilai Jual


 

Apakah anda tau kain perca? Ya, kain perca merupakan kain sisa potongan yang sudah tidak terpakai, ternyata masih bisa dimanfaatkan loh. Bahkan ditangan si kreatif, kain perca dapat disulap menjadi barang-barang kerajinan yang trendi dan tentunya bermanfaat.

Membuat kerajinan kain perca, ternyata tidak serumit yang kita bayangkan, cukup sedikit ketelitian dan kreatifitas kita saja. Kain perca merupakan sisa kain dari proses penjahitan. Sepintas kain sisa ini adalah kain yang tidak memiliki manfaat, tapi sebenarnya sisa kain ini dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk yang berguna. Daripada terbuang menjadi sampah lebih baik digunakan sebagai barang yang lebih berguna. Kain perca ini dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang kerajinan tangan seperti tas, sarung bantal, ataupun produk-produk yang lain.

Usaha ini bergerak dalam bidang industri rumah tangga, pada dasarnya didirikan bertujuan untuk mencari keuntungan serta untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen akan suatu produk yang berkualitas dan bermutu.  Sedangkan penciptaan kualitas dan mutu yang baik dengan biaya yang rendah adalah syarat utama jika menginginkan keuntungan yang terus meningkat
  • Seni Kerajinan Perca
Kerajinan kain perca merupakan salah satu kerajinan yang menjadi bagian dari dunia jahit-menjahit. Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan bahan yang tergolong limbah, yaitu bermacam-macam kain perca. Kain ini digunakan untuk membuat sebuah karya kerajinan yang indah dan bahkan memiliki nilai seni tinggi.
Caranya adalah dengan memotong-motong beragam kain sisa menjadi berbagai bentuk, kemudian menggabungkan potongan-potongan tersebut dengan menjahitnya kembali. Tentunya perpaduan warna dan pola kain juga harus diperhatikan agar bisa tercipta sebuah kerajinan perca yang indah.
Kerajinan *kain perca* saat ini sudah menjadi salah satu kerajinan yang paling dikagumi dan diminati oleh banyak orang Indonesia, bahkan juga di seluruh dunia. Awalnya kerajinan ini merupakan salah satu kerajinan tradisional. Namun, sekarang kerajinan ini malah menjadi salah satu tren baru di dunia kerajinan.
Ini disebabkan oleh adanya sentuhan-sentuhan kontemporer yang diberikan pada kreasi-kreasi baru yang tercipta. Sekarang, kita bisa menemukan kerajinan kain ini dalam beragam jenis kreasi serta pola yang indah dan bernilai seni tinggi seperti bed cover, taplak meja cantik, baju, tas, sajadah, hiasan dinding, dan lain sebagainya.
Seni Kerajinan Perca merupakan perpaduan antara seni tradisional dan kontemporer. Kerajinan Perca merupakan gabungan dua lembar kain yang tengahnya diisi dengan bahan penghangat batting dari silikon. Lapisan atas kerajinan perca bisa terdiri dari gabungan atau salah satu dari patch work atau aplikasi. Ketiga lapisan berbentuk sandwhich dijahit dengan jahitan mesin atau tangan (Delujur).
  • Sejarah Kerajinan Kain Perca
Kerajinan kain perca termasuk kerajinan yang paling tua. Teknik penggabungan berbagai macam potongan kain untuk menciptakan motif unik dan satu kain lebar baru ternyata sudah tercipta sejak ribuan tahun yang lalu.
Bukti sejarah menunjukkan bahwa kerajinan perca sudah ada sejak zaman Mesir Kuno dan Cina kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Di masa abad pertengahan, kerajinan perca juga digunakan oleh berbagai bangsa untuk melapisi baju perang para prajurit mereka yang terbuat dari baja.
Semakin lama, teknik kerajinan kain perca semakin berkembang. Di abad XI hingga abad XIII, orang-orang di Eropa sudah mulai menggunakan teknik kerajinan ini untuk membuat berbagai kebutuhan rumah tangga, termasuk selimut, baju, dan lain sebagainya. Hal ini seiring dengan perubahan cuaca yang menjadi semakin dingin.
Kemudian, kreasi dan motif -motif baru dalam kerajinan kain ini juga semakin berkembang hingga menjadi salah satu kesenian yang indah. Tradisi pembuatan kerajinan perca ini kemudian tersebar ke seluruh dunia karena dibawa oleh para pengembara dan musafir.
Seiring dengan berjalannya waktu dan tersebarnya seni kerajinan perca ke penjuru dunia, semakin banyak pula kreasi dan motif penggabungan kain yang tercipta. Semula kerajinan ini diciptakan hanya untuk menggabungkan beberapa potongan kain dan membuat pakaian yang lebih bisa menghangatkan.
Tujuan pembuatannya semakin berkembang dan lebih bernilai seni tinggi. Bahkan sekarang, pembuatan kerajinan kain perca tidak hanya dengan tujuan pemanfaatan limbah kain saja. Kerajinan perca juga dibuat dengan tujuan kenyamanan dan keindahan si pemakai.
Cukup banyak juga para pengrajin kerajinan perca yang menggunakan 100% bahan baru yang dipotong-potong. Potongan kain tersebut kemudian dibentuk kembali dengan teknik kerajinan kain ini sehingga hasilnya lebih berkualitas, baik dari segi kenyamanan maupun nilai estetikanya. Bahkan motif perca juga sering menjadi ide para desainer untuk menciptakan karya-karya unik dan indah yang baru.
Kain perca memiliki sejarah yang panjang, bahkan telah ditemukan ribuan tahun yang lalu. Bangsa Cina dan Mesir Kuno melapisi baju perangnya yang terbuat dari besi dari kain perca.
Pada  tahun 1100 sampai 1300 kain perca dipakai untuk membuat selimut, baju, dll untuk melindungi tubuh dari dinginnya musim dingin di Eropa.Setelah abad tersebut, perca mulai menyebar ke seluruh  dunia.
Seni Kerajinan Perca atau Quilting sudah ada sejak abad ke-19 di USA, Mesir, China dan Eropa. Sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia. Walaupun di Indonesia seni kerajinan perca sudah ada sejak dulu, beberapa tahun belakangan ini mulai berkembang menjadi kesenian modern. Paduan warna dan bahan katun yang nyaman dipakai ini mulai menghiasi butik-butik mahal di kota besar di Indonesia.

Itulah sekilas pengertian tentang kain perca. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Setelah kita  mengenal apa itu kain perca dan juga sejarahnya, sekarang kita akan mengenal kerajinan apa saja  yang bisa dibuat dari kain perca ini, disini saya akan membahas cara membuat boneka dari kain perca
Pembuatan kerajinan dari kain perca ini tidak terlalu sulit, dan dapat anda praktikan dirumah sendiri bersama teman dan keluarga anda. Jadi untuk mainan si buah hati anda tidak perlu susah mencari ataupun membelinya dengan harga harga yang lumayan mahal kini anda dapat membuatnya dirumah berkreasi sesuka hati anda, nah langsung aja ya biar hak penasaran kita buat aja beberapa contoh boneka yang akan saya buat di bawah ini.

Cara membuat boneka dari kain perca yang cantik dan menarik
  1. Boneka kain perca tipe 1
cara membuat boneka dari kain
Membuat boneka dari kain perca

Alat dan bahan yang di gunakan :
  • Referensi gambar yang diinginkan, anda bisa membuat nya sendiri ataupun mencarinya dari buku buku atau dari internet
  • Flanel warna warni sebagai bahan tambahan penghias
  • Kain perca
  • Lem lilin
  • Dakron
  • Tembak lilin
  • Jarum pentul
  • Pensil, penghapus dan spidol
  • Gunting untuk memotong
Cara pembuatan :
  • Hal yang pertama anda lakukan adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang akan di gunakan
  • Nah selanjutnya setelah semua lengkap, buatlah pola kepalanya terlebih dahulu kemudian tangan dan baju diatas kertas HVS dan gunting sesuai pola yang akan anda buat
  • Gunakan pola yang telah anda buat tadi untuk dicetak pada kain flanel atau pun pada kain perca nya langsung yang kemudian anda gunting
  • Setelah semua poal jadi mka hal selanjutnya yang harus anda kerjakan adalah menjahit nya sesuai dengan bentuknya, untuk menjahitnya anda bisa menggunkana mesin jahit ataupun dijahit oleh tangan pun tidak menjadi masalah asalkan hasil jahitannya rata ya biar hasil akhirnya rapi dan bagus
  • Dan setelah selesai anda menjahit antara pola kepala dan tangan kini isilah dengan dakron secukupnya.
  • Jahit kembali setelah bagian kepala dan bagian tangan diisi dakron
  • Gabungkan dengan baju yang telah anda buat
  • Nah untuk bagian kepalanya anda pasang alis mata dan bibir juga hidung nya ya, pastikan anda menempelkan aksesoris panca indranya setelah bagian kepala di isi dakron, tujuannya agar lebih menghidupkan dari karakter boneka yang anda buat
  • Untuk boneka perempuan anda bisa menggunakan meda rambutnya dari kain perca yang bertekstur jatuh dengan menggunting nya menyerupai rambut.
  • Nah boneka perca pun selesai dan kini anda tidak harus membelinya di toko toko lain selagi bisa mengapa tidak
  • Selamat mencoba
  1. Boneka kain perca tipe 2
cara membuat boneka dari kain perca
Boneka dari kain perca
Nah untuk membuat boneka yang satu ini tidak kalah gampang nya juga dengan boneka yang telah tadi saya buat, hanya beda sedikit dalam pengerjaannya namun, nah dalam pengerjaan boneka kali ini saya akan membagi nya ke dalam 3 tahapan namun sebelum ke pengerjaannya hal yang perlu anda siapkan adalah semua alat dan bahannya terlebih dahulu, diantaranya :

Alat dan bahan yang digunakan :
  • Gunting
  • Gambar boneka
  • Jarum jahit ataupun jarum pentul
  • Potongan-potongan kain perca
  • Benang sulam
  • Pensil ataupun spidol
  • Isian boneka seperti : dakron, kapas dan potongan-potongan kain perca yang sudah dipotong kecil-kecil
Cara pembuatan :
Dalam pengerjaan boneka ini saya akan membaginya ke dalam tiga tahapan yaitu :
  • Tahap pertama ( membentuk dan menjahit pola )
  • Pilih kain yang anda inginkan
  • Buatlah gambar sketsa boneka yang akan anda buat, gambar bentuknya saja dengan ciri-ciri yang lebih menonjol. Ukuran sketsa dilebihkan sekitar 1,3 cm untuk menyokong jahitan
  • Nah hal selanjutnya yang anda lakukan adalah menjiplak gambarnya dan gunting sesuai pola yang dibentuk
  • Sematkan pola diatas dua kain perca dan gunting sesuai dengan pola yang dibentuk
  • Sematkan kembali kedua kain perca itu bersama sama dan jahit dengan tusuk lilit agar kain tidak mudah geser, sematkan jarum pentul di beberapa bagiannya
  • Sisakan lima cm pada bagian samping tubuh boneka tapi ingat jangan dijahit ya, untuk memasukan bagian isi boneka
  • Balikan bagain luar boneka ke dalam melalui celah lima cm yang belum dijahit
  • Tahap kedua ( isi boneka )
  • Dalam tahap kedua ini adalah proses pengisian kain perca kedalam boneka yang telah dijahit tadi dengan kapuk akret busa atau anda bisa gunakan potongan potongan kain perca sebagai bahan pengisinya. Agar merata ke seluruh bagian dalam masukan kapuk karet busa dan kain percanya dengandidiring pensil
  • Lipat tepi celah bagian dalam boneka dan jahit
  • Jika ingin terlihat pelentukan sendinya, jahit pada bagian tangan dan kakinya
  • Tahap ketiga ( membuat bagian wajah )
  • Tandai bagian wajah : mata, hidung, mulut dengan spidol atau pensil
  • Dalam pembuatan mata, hidung dan mulut anda bisa menggunakannya dengan sisa-sisa kain perca yang sudah dipotong sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan atau untuk terlihat lebih menarik lagi anda bisa menambahkan berbagai aksesoris seperti kancing dan maik manik lainnya
  • Jahit atau sulam pada bagian wajahnya diatas kain perca yang sudah ditandai
  • Nah untuk boneka perempuan apabila akan menggunakan media rambut nya anda dapat membuatnya dari benang wol namun disini saya membuat boneka yang memakai kerudung, buat terlebih dahulu kerudungnya dan anda dapat langsung memakaikannya
  • Dan buatlah baju boneka tersebut dengan kain perca yang anda inginkan
  • Selesai dan selamat mencoba
Bagaimana mudah bukan membuat boneka dari kain perca ini, mungkin sebagian dari anda tidak akan menyangka bahwa barang barang limbah yang sudah tidak terpakai ini dapat di sulap menjadi sebuah karya seni yang bagus dan menarik.

Nah semoga artikel yang saya posting ini dapat bermanfaat bagi anda dan menjadikannya sebuah peluang inspirasi bagi anda untuk lebih memanfaatkan segala barang bekas yang mungkin bisa untuk dimanafaatkan lagi dan memiliki nilai jual.

Selamat Mencoba dan Terimakasih

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Casinos in Malta - Filmfile Europe
Find the best Casinos in Malta including communitykhabar bonuses, worrione games, games and the history of games. We cover 출장안마 all the main reasons to 토토 사이트 visit Casinos in

Posting Komentar